Perbedaan Rem ABS dan Non-ABS

Perbedaan-Rem-ABS-dan-Non-ABS
Kita seringkali mendengar kata ABS. Biasanya ABS merupakan teknologi yang disematkan pada ada pengereman mobil ataupun motor. Namun apakah perbedaan antara rem ABS dan non ABS? Berikut ini merupakan perbedaan dari keduanya.
 

Apa Itu ABS? dan Apakah Teknologi Ini Berpengaruh?

Pertama-tama mari kita kenali apa itu ABS. ABS merupakan singkatan dari anti lock breaking system. Teknologi ini membantu kita agar rem tidak macet dan juga tidak mengunci saat kita melakukan pengereman mendadak. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap keamanan si penunggang motor.
 
Teknologi ABS sendiri sudah menjadi salah satu standar baru dalam industri motor saat ini. Meski masih banyak motor yang belum menggunakan ABS, namun teknologi ini mulai disematkan pada motor-motor yang baru.
 

Perbedaan ABS dan Non ABS

Ada beberapa perbedaan terkait teknologi rem ABS dan juga non ABS. beberapa hal ini punya perbedaan signifikan terutama pada after effect setelah breaking. Tentu kedua tipe rem punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
 
  • Rem ABS Memungkinkan Handling Terjaga
Salah satu kelebihan dari ABS dan juga menjadi perbedaan signifikan dengan non ABS adalah rem ini tidak mereduksi seluruh pergerakan dari ban. Hal tersebut memungkinkan kita untuk tetap bisa melakukan handling pada kendaraan kita.
 
  • ABS Lebih Aman Untuk Pengereman Mendadak
Rem ini menjaga kita untuk tetap mungkin memberikan kendali terhadap kendaraan meski saat pengereman mendadak. Hal tersebut jarang dijumpai pada rem non ABS.
 
  • Harga rem Konvensional Lebih Murah
Satu hal yang tidak kalah penting yakni harga dari rem konvensional hingga saat ini. Lebih murah dibanding rem ABS. Keamanan yang masih terjaga dan cukup nyaman dipakai membuatnya masih laris manis di pasaran.
 
  • ABS Menghindari Locking saat Breaking
Namanya juga anti lock breaking system, sudah pasti ini mencegah terjadinya penguncian saat pengereman. Bila saat kita mengerem tiba-tiba terjadi penguncian rem di sana akan sangat membahayakan. Hal ini biasa disebut dengan rem macet.
 
Bagaimanapun punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apabila Anda lebih nyaman menggunakan rem ABS maka Anda perlu merogoh kocek lebih dalam sedikit. Namun, jika Anda lebih suka menggunakan rem konvensional maka Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit biaya untuk perawatannya.

Perbedaan Rem ABS dan Non-ABS